Sukses

Yudhoyono Jamin Koalisi Dapat Kursi Menteri

Calon presiden terpilih periode 2009-2014, Susilo Bambang Yudhoyono menjamin koalisi partai politik yang mengusungnya pada Pemilu lalu akan mendapatkan tempat di kabinet pemerintahan mendatang.

Liputan6.com, Jakarta: Calon presiden terpilih periode 2009-2014, Susilo Bambang Yudhoyono menjamin koalisi partai politik yang mengusungnya pada Pemilu lalu akan mendapatkan tempat di kabinet pemerintahan mendatang. Dalam sambutannya pada acara buka puasa bersama yang digelar Partai Demokrat dan koalisi 24 partai politik di Assembly Hall Jakarta Convention Center, Ahad (13/9), Yudhoyono menyatakan kebersamaan yang telah terbangun selama Pemilu akan dilanjutkan dalam lima tahun mendatang.

"Kita bersepakat telah berjuang bersama selama ini, itu akan kita lanjutkan lima tahun mendatang," ujarnya seperti dikutip ANTARA.

Yudhoyono mengaku banyak pihak bertanya kepadanya tentang bentuk dari kebersamaan tersebut. Untuk itu ia menjelaskan beberapa bentuk kebersamaan yang mungkin selama lima tahun mendatang. Menurutnya, kebersamaan itu akan ada di parlemen baik pada tingkat DPR maupun DPRD. "Yang kedua adalah di pemerintahan, di kabinet ataupun lembaga-lembaga pemerintahan lainnya dalam tingkat pusat dan juga kebersamaan di tingkat daerah," ujarnya.

Namun, Yudhoyono mengingatkan kebersamaan untuk membangun negara itu juga melibatkan pelaku lain dalam forum yang lebih luas seperti dunia usaha dan lembaga swadaya masyarakat, sebagai satu keluarga besar yang diharapkan terlibat secara aktif.

Yudhoyono kembali menegaskan ia baru menyusun kabinet setelah 1 Oktober 2009 sehingga susunan kabinet yang saat ini telah beredar di ruang publik sudah jelas bukan berasal darinya. "Jadi kalau sekarang beredar di media massa, talkshow, SMS, dari mulut ke mulut, tentang komposisi kabinet, nama-nama menteri, jelas itu bukan dari saya karena jelas kami belum menyusun apa-apa," tuturnya.

Sementara itu, calon wakil presiden terpilih, Boediono, yang diberi kesempatan berbicara pada acara yang dihadiri ketua umum partai politik koalisi pendukung pasangan Yudhoyono-Boediono pada Pemilu Presiden 2009 itu mengucapkan terima kasih kepada Yudhoyono dan Partai Demokrat yang telah memberinya kepercayaan mendampingi Yudhoyono.

Ia juga menyampaikan harapan agar pemerintahan mendatang di bawah kepemimpinan Yudhoyono dan menteri-menterinya yang baru dapat mewujudkan janji kampanye membangun pemerintahan yang bersih demi menyejahterakan rakyat.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini