Sukses

Perbaikan Jalur Pantura Semarang Belum Selesai

Meski perbaikan terus dikebut namun dipastikan tidak akan selesai pada H-7 dan H+7 Lebaran. Akibatnya arus mudik di jalan raya Pantura di Semarang dipastikan macet.

Liputan6.com, Semarang: Menjelang pelaksanaan arus mudik Lebaran, perbaikan jalan raya di pantura (pantai utara Jawa), Semarang, Jawa Tengah belum juga selesai. Berdasarkan pantauan SCTV, Jumat (11/9), di Jalan Raya Kaligawe yang menjadi urat nadi jalur pantura di Kota Semarang, pengaspalan masih terus dilakukan. Akibatnya kemacetan arus lalu lintas hampir terjadi tiap hari.

Meski perbaikan terus dikebut namun dipastikan tidak akan selesai pada H-7 dan H+7 Lebaran. Pelaksana proyek pun mengakui, perbaikan jalan tersebut baru akan rampung Desember mendatang. Perbaikan akan dihentikan sementara selama arus mudik agar tidak semakin memperparah kemacetan. Padahal banyak jalan yang masih kasar yang juga bisa menjadi sumber kemacetan.

Sementara itu dari pantauan Satuan Lalu Lintas Polres Semarang Timur ada sejumlah titik rawan macet di jalan tersebut, terutama di pertigaan jalan masuk menuju Terminal Terboyo. Menurut Kasatlantas Polres Semarang Timur AKP Budi Abadi, kemacetan ini disebabkan sopir bus yang tidak disiplin dengan berhenti mencari penumpang di jalan masuk terminal.

Ketersendatan lalu lintas diperparah lagi dengan kondisi Terminal Terboyo yang hingga kini masih digenangi air pasang atau rob. Sehingga pergerakan bus dan angkutan lainnya tidak bisa leluasa. Bahkan ada pengemudi yang enggan masuk ke terminal sehingga menambah semrawut lalu lintas.

Kondisi itu tidak bisa diatasi karena Dinas Perhubungan Jawa Tengah sendiri mengaku pasrah menghadapi masalah rob tersebut.(TES/DIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.