Sukses

Dephan Ganti Nomad dengan CN-235

Departemen Pertahanan menyatakan tidak akan lagi menggunakan pesawat jenis Nomad untuk operasional TNI. Sebagai penggantinya, Dephan telah menyiapkan pesawat CN-235 buatan PT Dirgantara Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Menyusul jatuhnya pesawat intai TNI AL jenis Nomad, Senin silam, Departemen Pertahanan, Kamis (10/9), menyatakan tidak akan lagi menggunakan pesawat jenis Nomad untuk operasional TNI. Sebagai penggantinya, Dephan telah menyiapkan pesawat CN-235 buatan PT Dirgantara Indonesia.

Pesawat Nomad buatan Australia yang dimiliki TNI AL sebelumnya berjumlah 42 unit. Saat ini, terdapat 19 unit yang masih dapat dioperasionalkan. Di negara asalnya, Nomad sudah tidak lagi digunakan.

Pihak Dephan akan menyiapkan tiga pesawat baru jenis CN-235 sebagai penggantinya. Namun pihak Dephan membantah jika pergantian pesawat Nomad ini terkait dengan sejumlah kecelakaan yang dialami pesawat jenis ini.(LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.