Sukses

Presiden Tunggu Surat Mundur Para Menteri

Presiden SBY masih menunggu surat pengunduran diri para menteri Kabinet Indonesia Bersatu yang terpilih sebagai anggota DPR. Sedikitnya ada enam menteri yang terpilih menjadi anggota DPR periode mendatang.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Sekretaris Negara, Hatta Rajasa, Selasa (8/9) siang, mengungkapkan, dari enam menteri yang terpilih sebagai anggota dewan, empat di antaranya telah mengabarkan secara informal tentang rencana pengunduran diri dari jabatan menteri. Namun baru Taufik Effendi yang sudah mengajukan surat ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
 
"Kami sudah kirim surat kepada para menteri terkait untuk mensesuaikan (aturan Komisi Pemilihan Umum). Tidak boleh rangkap jabatan dan dipersilahkan mengundurkan diri sebagai menteri," kata Hatta saat di temui di Istana Negara, Jakarta. Surat tersebut, menurut Hatta harus diterima sebelum pelaksanaan pelantikan pada 1 Oktober mendatang.

Lebih lanjut Hatta menjelaskan, walau telah mengundurkan diri, tidak menutup kemungkinan menteri-menteri tersebut ditarik kembali sebagai menteri kabinet Presiden Yudhoyono periode mendatang. Sebelumnya, sesuai surat ketetapan KPU tentang larangan rangkap jabatan. Maka, menteri Kabinet Indonesia Bersatu yang terpilih menjadi anggota DPR harus mengundurkan diri sebelum pelantikan. [baca: Jero Wacik Mundur dari Kabinet]

Para menteri yang terpilih sebagai anggota DPR, di antaranya Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, Menteri Koperasi dan UKM Suryadharma Ali, Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault, dan Menteri Kelautan Freddy Numberi.(UPI/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.