Sukses

Biaya Pelantikan Wakil Rakyat Dipertanyakan

KPU menyatakan biaya pelantikan anggota DPR, DPD, dan MPR tahun ini sudah dihemat. Namun tidak demikian menurut anggota DPR yang justru mempertanyakan besarnya anggaran untuk pelantikan.

Liputan6.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum menyatakan biaya pelantikan 692 anggota DPR, DPD, dan MPR periode 2009-2014, 1 Oktober mendatang sudah dihemat. "Anggaran Rp 11 miliar tapi tentu yang dipakai sesuai," ungkap Sekretaris Jenderal KPU Suripto Bambang Setyadi, Selasa (8/9). Ketua KPU Abdul Hafidz Anshary, juga menyatakan biaya pelantikan tahun ini lebih murah ketimbang 2004 [baca: Pelantikan Wakil Rakyat Makan Biaya Rp 11 Miliar].

Namun anggota DPR berpendapat lain. "Itu yang saya heran, tidak dapat apa-apa kok. Kita jas bikin sendiri, datang sendiri, pin lama. Jadi kalau anggarannya besar saya juga pertanyakan untuk apa," ujar Anggota DPR Fraksi Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan.

Sekadar informasi, para wakil rakyat yang akan dilantik berkumpul di Jakarta pada 28 September mendatang. Sebelum dilantik mereka akan mendapatkan pembekalan dari beberapa lembaga negara. Selengkapnya saksikan video berita berikut.(YNI/AND)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini