Sukses

Penyusunan Kabinet Hampir Rampung

Kabinet pemerintahan baru sudah mendekati final setelah Presiden SBY melakukan pembicaraan dengan sejumlah parpol. Sejumlah nama dari Golkar masuk dalam daftar nama menteri kabinet yang sudah hampir final itu.

Liputan6.com, Jakarta: Kabinet pemerintahan baru periode 2009-2014 yang tengah disusun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mendekati final. Itu setelah Presiden melakukan pembicaraan dengan sejumlah partai politik. Seperti yang diberitakan ANTARA, Sabtu (5/9), menurut sumber yang dekat dengan SBY, Presiden telah melakukan pembicaraan dengan Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, dan Gerindra, untuk membentuk kabinet yang kuat dalam hal kerja dan politik.

Sejumlah nama dari Golkar, seperti Agung Laksono, Muladi, Andi Mattalata, dan Erlangga Hartarto masuk dalam daftar nama menteri kabinet yang sudah hampir final itu. Nama Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Pramono Anung, dan Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan, Puan Maharani, serta Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, juga ada dalam daftar.

Sementara nama menteri-menteri yang dinilai berprestasi dan dipertimbangkan tetap masuk dalam kabinet, antara lain Purnomo Yusgiantoro, Bachtiar Chamsyah, Taufik Effendi, Hatta Rajasa, Mardiyanto, Hassan Wirajuda. Termasuk juga Sri Mulyani Indrawati, Mari Elka Pangestu, Anton Apriyantono, MS Kaban , Jusman Syafei Djamal, Adhyaksa Dault, Fredy Numbery, Siti Fadillah Supari, Joko Kirmanto, Bambang Sudibyo, Jero Wacik , Meutia Hatta, Lukman Edy, Muhammad Nuh, dan Sofyan Jalil.

Sedangkan nama baru yang masuk dalam daftar menteri itu, adalah mantan Panglima TNI Purnawirawan, Djoko Suyanto, Kepala Badan Pertanahan Nasional, Joyo Winoto, Ketua Umum DPP Kadin Indonesia, MS Hidayat, Ketua Bidang Ekonomi Partai Demokrat, Darwin Z. Saleh, Soeripto (Partai Keadilan Sejahtera), dan mantan Kapolri Soetanto.

Nama lain yang masuk dalam daftar, di antaranya Direktur Jenderal Departemen Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak, Hidayat Nurwahid (PKS), Muhaimin Iskandar (PKB), Staf Khusus Presiden Kurdi Mustofa, Presiden PKS Tifatul Sembiring, Sekjen Jaringan Nusantara Andi Arief, Sekjen DPD Siti Nurbaya, Wakil Wali Kota Surabaya Arif Afandi, tokoh Papua Velix Wanggai, juru bicara Presiden Andi Mallarangeng, Roestanto Wahidi Dirdjojuwono (Demokrat), dan Dirjen Kominfo Cahyana Ahmad Djayadi.

Menurut sumber itu, masuknya nama calon menteri dari Golkar, PDI Perjuangan dan Gerindra merupakan upaya SBY untuk menciptakan stabilitas politik di dalam dan di luar parlemen sehingga bisa jadi sumber percepatan kebangkitan Indonesia.(DIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini