Sukses

Pembinaan Minim, Eks Napi Terorisme Terlibat Lagi

Kurangnya pembinaan dari pemerintah membuat para pemain lama kembali bergabung dengan jaringan terorisme. Seharusnya, pendekatan kemanusiaan juga lebih diupayakan.

Liputan6.com, Jakarta: Polisi kembali mengumumkan nama buronan kasus terorisme. Tim Detasemen khusus 88 terus disibukkan memburu pelaku teror di Tanah Air. Ternyata, sebagian yang diburu bukan wajah baru melainkan orang lama seperti Pranoto dan Air Setiyawan. Keduanya pernah mendekam di penjara akibat kasus terorisme.

Dari 438 tersangka kasus teroris yang ditahan, 200 lebih telah bebas. Kurangnya pembinaan dari pemerintah membuat sejumlah pemain lama kembali bergabung dengan jaringan terorisme. Tuntutan agar menuntaskan ancaman terorisme dengan lebih manusiawi lantas mengemuka. Para keluarga tersangka maupun terpidana teroris menilai pemerintah tak pernah mengedepankan sisi kemanusiaan dalam memerangi terorisme.

Selain harus merangkul para teroris dari sisi kemanusiaan, pemerintah juga harus melihat kesulitan ekonomi sebagai salah satu penyulut rentannya sebagian warga dibujuk jaringan teroris. Alhasil, cara menuntaskan terorisme kini bukan hanya menangkap dan menembak mereka. Tetapi juga memberikan kasih sayang lebih nyata agar mereka menyadari kesalahannya. Selengkapnya silakan simak video berita ini.(BJK/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini