Sukses

Mantan Presiden yang Diundang Tak Hadir

Mantan presiden BJ Habibie sedang berada di Jerman. Sedangkan mantan presiden Gus Dur sedang tidak sehat. Sementara Megawati Sukarnoputri merayakan HUT RI di Lenteng Agung, Jaksel.

Liputan6.com, Jakarta: Detik-detik peringatan proklamasi dilaksanakan dengan khidmat di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8). Sore harinya bendera Merah Putih diturunkan juga berlangsung khidmat. Sayangnya, para mantan presiden yang diundang tak hadir dalam peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-64 RI yang berlangsung setahun sekali.

Mantan Presiden BJ Habibie misalnya, absen karena sedang berada di Jerman. Sementara mantan presiden ke-4, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur tidak ada karena sedang sakit. Sedangkan Megawati Sukarnoputri merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI bersama kader dan simpatisan PDI Perjuangan di kantor DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan [baca: Istana Mengundang, Megawati Tak Datang].

Upacara bendera dipimpin komandan upacara Kolonel Infanteri Agus Sutomo. Turut hadir beberapa petinggi negara di antaranya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Jusuf Kalla serta sejumlah tamu undangan. Bendera duplikat sang saka Merah Putih dikibarkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang diseleksi di seluruh Indonesia. Usai penaikan bendera sejumlah lagu nasional dinyanyikan paduan suara para remaja Sekolah Menengah Atas. Saksikan video berita ini selengkapnya.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini