Sukses

Bandara Tertutup Kabut, Pesawat Sulit Mendarat

Saputan kabut asap di sekitar Bandara Cilik Riwut di Palangkaraya, Kalteng, mulai mengganggu kelancaran aktivitas penerbangan. Alhasil, sejumlah pesawat kesulitan untuk mendarat.

Liputan6.com, Palangkaraya: Kabut asap akibat pembakaran liar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mulai mengganggu kelancaran aktivitas penerbangan. Tebalnya saputan kabut asap di sekitar Bandar Udara Cilik Riwut membuat sejumlah pesawat kesulitan untuk mendarat. Demikian pantauan tim SCTV, Sabtu (15/8).

Salah satu lalu lintas penerbangan yang sempat terganggu adalah pesawat Batavia Air dari Surabaya, Jawa Timur. Pesawat ini terpaksa menunda pendaratan akibat kabut asap yang cukup tebal, sehingga pilot hanya punya jarak pandang tak lebih dari 2.000 meter saja.

Menurut kesaksian penumpang, sebelum berhasil mendarat, pesawat sempat berputar beberapa kali mengelilingi landasan pacu bandara. Setelah landasan pacu terlihat jelas, sang pilot baru berani mendaratkan pesawatnya.

Menebalnya saputan kabut asap di Kota Palangkaraya, selain akibat banyaknya lahan kosong yang terbakar juga karena adanya pembukan lahan dengan cara membakar oleh beberapa perusahaan perkebunan sawit. Selengkapnya, simak video berita berikut.(UPI/DIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini