Sukses

Pendiri Penerbit Buku Pramoedya Meninggal Dunia

Joesoef Isak, salah seorang pendiri Hasta Mitra, meninggal dunia, Sabtu (15/8) dini hari pada usia 81. Hasta Mitra menjadi penting karena menjadi penerbit buku-buku Pramoedya Ananta Toer di masa Orde Baru.

Liputan6.com, Jakarta: Joesoef Isak, salah seorang pendiri Hasta Mitra, meninggal dunia, Sabtu (15/8) dini hari pada usia 81 karena sakit. Hasta Mitra menjadi penting karena menjadi penerbit buku-buku Pramoedya Ananta Toer di masa Orde Baru. Rezim itu membredel setiap buku Pramoedya yang terbit, tapi Hasta Mitra tak surut.

Pada 1967-1978, Joesoef menjadi tahanan politik Orde Baru tanpa proses pengadilan terkait G30S. Sebelumnya, pada era awal 1960-an, ia pernah menjabat Sekretaris Jenderal Asian African Journalists Association (AAJA). Pada saat itu, ia juga menjabat sebagai Ketua PWI Jakarta dan Redaksi koran Merdeka.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.