Sukses

Membaca Bahasa Tubuh Politisi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Jusuf Kalla terkadang terlihat berjarak. Namun, kadang pula dua pemimpin ini terlihat mesra.

Liputan6.com, Jakarta: Istri boleh saja bersaing merebut kursi RI 1, tapi Taufik Kemas yang tak lain suami dari Megawati Sukarnoputri tetap saja akrab dengan presiden terpilih, Susilo Bambang Yudhoyono. Taufik menjabat tangan Yudhoyono setelah sang presiden membacakan pengantar atau keterangan pemerintah atas nota keuangan dan RAPBN 2010 di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/8) siang.

Sementara itu, keakraban Presiden Yudhoyono dan wakilnya, Jusuf Kalla, di sidang paripurna siang tadi, tentu amat melegakan rakyat. Apalagi setelah keduanya bersaing merebut kursi RI 1. Namun, sekilas ada yang aneh karena Kalla terkesan dipaksakan mengangkat tangan oleh Yudhoyono.

Gestur atau bahasa tubuh politisi memang terkadang membingungkan. Anda tentu ingat peristiwa saat penetapan pemenang pemilu presiden lalu. Yudhoyono, sang pemenang, nyaris tak menebar senyum justru di hari kemenangannya. Bahkan, ketika ia berjabat tangan dengan Kalla, tak ada pula senyum mengembang [baca: KPU: SBY-Boediono Menang].

Inilah bahasa tubuh para politisi. Penuh penafsiran. Terkadang terlihat seperti bahasa para pemain drama dan rakyat-lah yang menjadi penontonnya. Selengkapnya saksikan video berita ini.(BOG/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini