Sukses

Ban Ki-moon Ditolak Kunjungi Suu Kyi

Junta Militer Myanmar menolak permohonan Sekjen PBB Ban Ki-moon untuk bertemu tokoh prodemokrasi, Aung San Suu Kyi.

Liputan6.com, Yangon: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki-moon tiba di Myanmar, Jumat (3/7) untuk mengupayakan pembebasan sejumlah tahanan politik, termasuk tokoh prodemokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi. Namun permintaan Ban untuk bertemu Suu Kyi tidak dipenuhi pimpinan junta militer Myanmar, Jenderal Than Shwe. Ban kemudian meminta keseriusan junta dalam mempersiapkan pemilu Myanmar pada 2010 mendatang. Ban juga menuntut komitmen junta dalam menegakkan demokrasi di negara tersebut.

Suu Kyi yang kini ditahan di penjara Insein, Yangon, terancam hukuman lima tahun penjara bila terbukti bersalah dalam kasus pelanggaran tahanan rumah. Sebelumnya, Suu Kyi dituding membiarkan seorang pria asal Amerika Serikat, John William Yettaw, memasuki rumahnya tanpa izin. Insiden penyusupan Yettaw dipandang para pengamat sebagai akal-akalan junta untuk menghalangi partisipasi Suu Kyi dalam pemilu mendatang, setelah masa penahanannya berakhir pada 27 Mei lalu.(TES/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini