Sukses

Pemilih Tunanetra Pakai Alat Bantu

Penyandang tunanetra kini tidak perlu khawatir untuk memberikan hak pilihnya pada pilpres 2009. Di Temanggung, Jateng, 180 tunanetra mendapatkan sosialisasi dari KPUD setempat mengenai tata cara menyontreng menggunakan alat bantu sederhana.

Liputan6.com, Temanggung: Sebanyak 180 penyandang tunanetra di Temanggung, Jawa Tengah, kini tidak lagi khawatir tak dapat ikut menyontreng pada pemilihan presiden mendatang. Komisi Pemilihan Umum Daerah Temanggung telah melatih mereka cara menyontreng menggunakan alat bantu, yakni template, Selasa (30/6).

Alat yang ukurannya sama dengan surat suara pilpres itu mempunyai tiga lubang kotak. Masing-masing kotak berukuran sama dengan ukuran kolom calon presiden dan calon wakil presiden. Dengan meraba ketiga kolom ini, penyandang cacat dapat menentukan pilihannya. Template nantinya dipasang di atas surat suara.

Meski sudah diberikan pelatihan, pemilih tunanetra tetap dapat menunjuk pendamping untuk membantunya saat menyontreng di tempat pemungutan suara jika mengalami kesulitan. Untuk selengkapnya dapat Anda saksikan pada video berita ini.(YNI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.