Sukses

Tiga Capres Gencar Dekati Masyarakat

Pada hari ini, tiga calon presiden Indonesia menggelar kampanye di sejumlah daerah dengan isu yang berlainan. Mega di Jakarta, SBY di Balikpapan, dan JK di Kuningan, Jabar.

Liputan6.com, Jakarta: Tiga calon presiden Indonesia berkampanye di sejumlah daerah dengan isu yang berbeda, Ahad (28/6). Capres Megawati Sukarnoputri menggelar dialog dengan masyarakat keturunan Tionghoa di Jakarta. Capres nomor urut dua, Susilo Bambang Yudhoyono mendatangi massa lintas agama dan suku di Balikpapan, Kalimantan Timur. Sementara, Jusuf Kalla mengunjungi sejumlah pondok pesantren di Kuningan, Jawa Barat.

Dalam kampanyenya, Mega memaparkan beberapa jasanya di masa lalu terhadap etnis Tionghoa. Pemberlakuan libur nasional pada Hari Raya Imlek serta diizinkannya pertunjukan Barongsai diakui Mega adalah hasil jerih payahnya. Ia juga mengimbau warga keturunan untuk berani mengungkapkan beberapa tindakan diskriminatif yang kerap mereka rasakan hingga kini.

Di Gedung Dome Convention Centre, Balikpapan, SBY menyesalkan sikap salah satu capres yang kerap mengumbar suasana sidang kabinet menjadi materi kampanye. Menurut SBY, sikap seperti itu tidak etis karena sidang kabinet bukan konsumsi publik. Selain kampanye tertutup, SBY dijadwalkan bertemu dengan sejumlah tokoh Kalimantan Timur.

Selain menggelar kampanye dialogis, capres Jusuf Kalla mengikuti panen padi perdana musim gadu bersama warga Kabupaten Kuningan dan Cirebon, Jawa Barat. Ia berpesan, kerja sama dari semua pihak mutlak diperlukan untuk meningkatkan pendapatan petani. JK mengatakan pemerintah daerah harus mengupayakan bibit unggul berkualitas, menjamin persediaan pupuk, dan memberikan sistem pengairan yang baik.(WIL/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.