Sukses

Perang Dunia Maya Iran-AS

Baru-baru ini para peretas komputer yang diduga berasal dari Iran berhasil menyerang sistem komputer Universitas Oregon di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Portland: Ternyata panasnya hubungan antara Iran dan Amerika Serikat tak hanya terjadi di dunia nyata, tetapi juga di dunia maya. Baru-baru ini, para peretas komputer yang diduga berasal dari Iran berhasil menyerang sistem komputer Universitas Oregon di AS. Demikian laporan yang dilansir Associated Press, Rabu (24/6). Belum diketahui alasan apa yang menyebabkan para peretas memilih sistem komputer universitas tersebut.

Sang peretas mengirimkan pesan yang berbunyi agar Presiden AS, Barack Obama, mengurus dirinya sendiri dan berhenti berbicara soal pemilu Iran. Tidak hanya itu, peretas juga mengalihkan para pengguna ke situs lain yang menampilkan pesan tidak ada kecurangan dalam pemilu Iran, saat hendak masuk ke situs resmi universitas. Pihak universitas mengaku telah berhasil mengatasi masalah tersebut.

Sebelumnya, Selasa kemarin, Presiden AS, Barack Obama, mengecam kekerasan yang terjadi di Iran setelah beredarnya video Neda Agha Soltan, wanita berusia 26 tahun, yang ditembak mati saat berunjuk rasa di Teheran, Iran [baca: Obama Kecam Kekerasan di Iran].(AP/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.