Sukses

Simulasi Pemilu di Pelelangan Ikan

Dua pekan menjelang pemilu presiden, KPU semakin gencar menggelar simulasi pemilihan. Hasilnya, warga lebih mudah menentukan pilihannya dibanding pemilu legislatif lalu.

Liputan6.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi pemilihan presiden di perkampungan nelayan Cilincing, Jakarta Utara, Ahad (21/6). Warga pun tampak antusias memenuhi tempat pemungutan suara. Meski masih menemui beberapa kelemahan, namun simulasi di tempat pelelangan ikan itu menunjukkan pemilih lebih mudah menentukan pilihannya dibanding pemilu legislatif lalu.

Sosialisasi pilpres juga dilakukan di Lembaga Pemasyarakat Kabupaten Brebes, Jawa Timur. Kesempatan ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan ketiga pasangan capres dan cawapres. Sebab, sebagian besar narapidana tidak mengetahui calon-calon pemimpin negeri ini.

Di Jombang, Jatim, sosialisasi pilpres dilakukan ditempat umum, seperti terminal bus. Bahkan KPU membawa serta sejumlah artis dangdut untuk menghibur warga. Sasaran sosialisasi adalah para penumpang, awak bus, serta pedagang asongan. Selain itu, sosialisasi juga dilakukan di pasar-pasar.

Meskipun sosialisasi pilpres gencar dilakukan, namun persiapan pilpres masih menyisakan persoalan. Di Nganjuk, Jatim, masih ditemukan daftar pemilih tetap ganda sebanyak 260 pemilih yang tersebar di 16 desa.(UPI/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini