Sukses

Megawati: Tekan Angka Kemiskinan dengan Potensi Daerah

Menurut Megawati, salah satu solusi untuk menekan angka kemiskinan di perkotaan adalah memaksimalkan potensi di daerah. UU Otonomi Daerah juga dapat dimaksimalkan untuk mengembangkan potensi di daerah.

Liputan6.com, Jakarta: Calon presiden Megawati Sukarnoputri mempunyai solusi mengenai tingginya angka kemiskinan di perkotaan. Satu di antaranya menekan angka kemiskinan dengan memaksimalkan potensi di daerah. Demikian disampaikan capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ketika menjawab sejumlah pertanyaan dalam talkshow Barometer Spesial SCTV, Rabu (17/6) petang. Acara ini dihadiri kaum wanita dan terselenggara atas kerja sama kelompok Women`s Forum for Excellence.

Dalam dialog ini muncul pertanyaan mengenai fenomena kemiskinan di perkotaan yang diwarnai penggusuran-penggusuran sehingga menimbulkan fobia dan trauma di kalangan anak-anak. Menurut Megawati, itulah realita yang ada di hadapan masyarakat. "Kalau kita bersatu padu, hal-hal itu tidak terjadi," ucap Mega.

Selain itu, menurut presiden wanita pertama di Tanah Air, Indonesia sudah mempunyai Undang-undang Otonomi Daerah. Dengan demikian, UU ini dapat memaksimalkan potensi-potensi lokal. "Potensi-potensi daerah kita sangat besar," ujar Megawati. Jika itu bisa dimanfaatkan, imbuh Megawati, maka tidak perlu terjadi urbanisasi. Dan bila daerah sudah berkembang, maka kaum miskin kota dapat kembali ke daerah masing-masing.

Tanya jawab capres Megawati dalam program Barometer Spesial ini akan ditayangkan SCTV sekitar pukul 22.30 WIB nanti. (ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.