Sukses

KPU Jamin Distribusi Surat Suara Tepat Waktu

KPU berharap semua kelengkapan logistik untuk pilpres sudah harus tiba di tingkat kabupaten atau kota sepekan sebelum hari "H". KPU menjamin distribusi pengadaan surat suara bisa tepat waktu.

Liputan6.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjamin distribusi pengadaan surat suara pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2009 tepat waktu. Menurut anggota KPU Abdul Aziz di Jakarta, Selasa (9/6), pihaknya berharap paling lambat satu pekan sebelum hari "H" semua kelengkapan logistik KPU sudah harus tiba di tingkat kabupaten atau kota.

Abdul Aziz menjelaskan, KPU sudah mengumumkan pemenang tender yang dibagi enam paket pengadaan. Paket satu sebanyak 33 perusahaan, paket dua 35 perusahaan, paket tiga 34 perusahaan, paket empat 34 perusahaan, paket lima 25 perusahaan, dan paket enam sebanyak 34 perusahaan.

Menurut Aziz, pencetakan surat suara sudah dimulai sejak 7 Juni 2008. Adapun pagu dana yang disediakan dalam pelelangan pengadaan surat suara itu sebesar Rp 121,741 miliar dengan asumsi harga per lembar Rp 695. Sementara untuk pengadaan tinta sidik jari keperluan pilpres sudah diumumkan pemenang tendernya yang terdiri dari tiga paket pengadaan dari jumlah 22 perusahaan.

Begitu pula pengadaan segel, imbuh Aziz, sudah ditentukan pemenangnya dari Jawa Timur dan saat ini masih dalam masa sanggah. Jumlah peserta yang mengikuti pelelangan sebanyak delapan perusahaan dengan pagu dana yang disediakan sebesar Rp 3,338 miliar.(ANS/ANTARA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.