Sukses

SBY-Boediono Masih Terpopuler

Survei LP3ES menunjukkan pasangan SBY-Boediono didukung lebih dari 50 persen dari 2.000 responden di 15 kota besar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Survei popularitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) terus bermunculan menjelang Pemilihan Presiden, 8 Juli mendatang. Salah satunya adalah hasil riset Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi Sosial (LP3ES) yang dirilis di Jakarta, Senin (8/6).

Survei yang dilakukan pada 3-4 Juni silam, menempatkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono paling banyak didukung dengan dukungan 54,9 persen responden. Sementara, Megawati Sukarnoputri-Prabowo Subianto didukung sekitar 9,7 persen. Sedang pasangan Jusuf Kalla-Wiranto berada diurutan paling buncit dengan dukungan 6,8 persen.

Survei dilakukan terhadap 2.000 responden di 15 kota besar Indonesia. Sampling dilakukan dengan metode acak sistematis berdasarkan daftar warga dalam buku telepon.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI), juga merilis hasil survei yang menunjukkan keunggulan SBY-Boediono. Pada survei yang berlangsung selama lima hari sejak 25 Mei silam itu, SBY-Boediono didukung 71 persen dari 3.000 responden. Namun, kredibilitas survei ini dipertanyakan karena penelitian dibiayai konsultas politik SBY-Boediono, Fox Indonesia.

Hasil survei berbeda ditunjukkan Lembaga Riset Informasi (LRI). Memang, pasangan SBY-Boediono masih berada di urutan teratas. Namun, pasangan ini diprediksi tak akan menang dalam satu putaran. Karena, hasil survey menunjukkan SBY-Boediono unggul tipis dari JK-Wiranto. Namun, kredibilitas survei LRI pun diragukan karena lembaga ini pernah membuat iklan dukungan untuk JK-Wiranto. (ZAQ/AND)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.