Sukses

Miliaran Rupiah, Cincin Anggota DPR

Sebagai tanda jasa, sekretariat DPR menganggarkan dana miliaran rupiah untuk pembelian cincin emas dan lencana bagi para anggota dewan.

Liputan6.com, Jakarta: Masa bakti anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2004-2009 akan segera berakhir. Sebagai tanda jasa, sekretariat DPR menganggarkan dana miliaran rupiah untuk pembelian cincin emas dan lencana bagi para anggota dewan. Anggaran yang disebut-sebut mencapai Rp 5 miliar itu sudah  diatur oleh Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR.

"Saya kira pemberian itu wajar saja, yang penting bukan harganya tapi bentuk apresiasi dan kenang-kenangannya," kata Alvin Lie, anggota fraksi PAN DPR. Anggota fraksi Demokrat Ervert Mangindaan juga mendukung pernyataan Alvin Lie. Menurutnya, pemberian itu hanya cinderamata atau souvenir. "Kami sudah mendapat kabar akan mendapat cinderamata, tapi belum tahu bentuknya," ujarnya.

Ketika dikonfirmasi, Sekretaris Jenderal DPR Nining Indra Saleh menegaskan, bahwa dana untuk pembelian cincin emas itu memang sudah dialokasikan. "Untuk beli cincin angkanya tidak sebesar itu, hanya Rp 1,9 miliar," katanya. Menurut Nining, pemberian itu sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada anggota dewan yang akan habis masa jabatannya pada 30 September mendatang. (ROM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini