Sukses

Senjata Berserakan di Jalan, HRW Tegur Libia

Pimpinan baru Libia harus berurusan dengan senjata yang masih bertebaran di jalan-jalan. Bahkan, Organisasi Hak Asasi Manusia melayangkan teguran.

Liputan6.com, Tripoli: Pimpinan baru Libia harus berurusan dengan senjata yang masih bertebaran di jalan-jalan. Bahkan, Organisasi Hak Asasi Manusia (HRW) melayangkan teguran kepada pemerintah Libia terkait masalah itu, Selasa (25/10).

"Sekarang pertempuran telah berakhir, mengamankan berbagai fasilitas senjata harusnya menjadi prioritas NTC. Banyak senjata tanpa izin kepemilikan, bahkan tergeletak begitu saja di jalan-jalan," kata Direktur HRW Peter Bouckaert.

Menurut HRW, para pemberontak dengan mudah mendapatkan banyak senjata otomatis, bubuk peledak, bahkan tabung rudal aktif, di sejumlah tempat. HRW khawatir, senjata itu dapat melukai  warga tak berdosa, jika jatuh ke tangan mereka yang tidak bertanggung jawab.

HRW sebenarnya telah mengeluarkan peringatan serupa sejak beberapa bulan lalu. Namun, NTC belum juga mampu untuk menyelesaikan masalah ini. Padahal, Amerika Serikat telah mengirimkan tim ahli, juga dana segar sebesar USD 40 juta, yang ditujukan khusus untuk membantu NTC dalam mengamankan berbagai senjata ilegal.(theepochtimes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini