Sukses

Kapal Feri Terbalik, 190 Orang Tewas

Kecelakaan maritim di Tanzania diakibatkan gelombang besar dan kelebihan kapasitas. Kecelakaan terburuk sepanjang sejarah.

Liputan6.com, Stone Town: Lebih dari 190 orang dikonfirmasi tewas setelah sebuah kapal feri terbalik dan tenggelam pada Sabtu (10/9) pagi waktu setempat. Saat itu kapal tengah berlayar antara dua pulau utama di Zanzibar, Republik semi-otonomi Tanzania.

Menurut tim penyelamat, lebih dari 190 mayat telah ditemukan dan lebih dari 620 orang telah diselamatkan. Korban yang selamat dirawat di rumah sakit umum Zanzibar. Sebelumnya, BBC melaporkan korban tewas sebanyak 43 orang, 40 orang luka berat, 260 orang selamat, dan sisanya dinyatakan hilang (baca: Kapal Tenggelam, Puluhan Orang Tewas).

Kapal MV Spice Islander yang tengah berlayar dari Unguja menuju pulau wisata Pemba itu dirancang dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 610 orang. Namun menurut saksi mata kapal tersebut kelebihan beban. Insiden ini juga menjadi kecelakaan kapal terburuk dalam sejarah Tanzania.

Kecelakaan maritim yang tak biasa di daerah ini banyak diakibatkan gelombang besar dan kelebihan kapasitas. Komuter antara dua pulau itu juga mengeluh bahwa feri selalu dalam kondisi buruk dan kelebihan beban.(ULF)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini