Sukses

Atlantis Mengudara untuk Kali Terakhir

Misi pesawat ulang-alik yang ke-135 dan yang juga terakhir sudah lepas landas dari Tanjung Canaveral di Florida, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Florida: Misi pesawat ulang-alik yang ke-135 dan yang juga terakhir sudah lepas landas dari Tanjung Canaveral di Florida, Amerika Serikat. Peluncuran Atlantis, yang menjadi salah satu sejarah dalam penjelajahan ruang angkasa, dilakukan tepat Jumat 8 Juli, pukul 11.29 waktu setempat atau Sabtu dini hari pukul 02.20 WIB.

Misi Atlantis selama 12 hari ini akan membawa 3,5 ton pasokan untuk Stasiun Ruang Angkasa Internasional. Begitu Atlantis selesai dari misinya, maka program pesawat ulang alik akan ditutup dan Atlantis dengan dua pesawat ulang alik lainnya masuk museum.

Misi terakhir Atlantis ini antara lain membawa cadangan pangan untuk para penghuni stasiun ruang angkasa dan fasilitas robotik untuk uji coba strategi pengisian bahan bakar di ruang angkasa. Demikian dilansir laman BBC Indonesia.

Dalam beberapa hari belakangan muncul perdebatan tentang berakhirnya sebuah era yang ditandai dengan misi terakhir Atlantis maupun konsekuensi berupa hilangnya lapangan kerja bagi sejumlah orang di KSC. NASA berupaya mengalihkan perdebatan itu dengan strategi yang diterapkan di masa depan untuk menggantikan program ruang angkasa yang mahal itu.

Ada keyakinan bahwa pendekatan yang lebih murah untuk menerbangkan astronot ke stasiun ruang angkasa bisa dicapai lewat sistem kontrak dengan perusahaan swasta. Dan Boeing sudah menampiilkan sebuah model kapsul di KSC yang menurut mereka bisa membawa sampai tujuh orang ke stasiun ruang angkasa.

Sementara itu Sierra Nevada Corporation sudah menandatangani kesepakatan dengan NASA untuk menggunakan fasilitas di KSC. SNC berencana membangun pesawat ulang alik mini yang diberi nama Dream Chaser yang bisa membawa tujuh astronot ke ruang angkasa.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini