Sukses

Pasukan Kanada Ditarik dari Afghanistan

Pasukan Kanada sudah mulai ditarik dari Afghanistan setelah misi tempur negara itu selama sembilan tahun hampir berakhir.

Liputan6.com, Ottawa: Pasukan Kanada sudah mulai ditarik dari Afghanistan setelah misi tempur negara itu selama sembilan tahun hampir berakhir. Pada upacara penurunan bendera pada Selasa kemarin, pasukan Kanada secara resmi menyerahkan kekuasaan distrik terakhir mereka kepada pasukan Amerika Serikat. Tentara Kanada yang berjumlah 2.800 personel diharuskan kembali pada 2011 oleh parlemen.

Pada upacara penyerahan di Pangkalan Operasi Ma Sum Ghar di Provinsi Kandahar, Brigadir Jenderal Ahmad Habibi, komandan pasukan Afghanistan di kawasan itu, menyampaikan penghargaan kepada pasukan Kanada. "Anda semua telah mendapat nama besar di hati rakyat Afghanistan dan bawalah rasa bangga itu ke rumah Anda," katanya.

Negara-negara lain juga sudah mengumumkan penarikan pasukan, tetapi Kanada adalah negara penyumbang pasukan dengan jumlah besar yang mulai memulangkan pasukannya tahun ini. Pasukan Kanada pertama kali dikerahkan ke Afghanistan pada 2002, beberapa bulan setelah invasi pimpinan Amerika, tetapi pasukan Kanada kemudian melakukan peran yang lebih besar pada 2006.

Sebuah misi pelatihan terpisah Kanada, yang melibatkan sekitar 950 tentara, akan tetap berada di Afghanistan untuk melatih aparat keamanan setempat. Hari resmi terakhir misi Kanada adalah Kamis besok (7/7). Demikian dilansir BBC Indonesia.(ADO)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini