Sukses

Harta Karun Ditemukan di Sebuah Candi

Harta karun berisi koin emas, permata, dan batu berharga ditemukan di sebuah kuil Hindu di India.

Liputan6.com, Trivandrum: Harta karun berisi koin emas, permata, dan batu berharga ditemukan di sebuah kuil Hindu di Trivandrum, India. Seperti diwartakan Xinhua, Rabu (6/7), penemuan mengejutkan itu termasuk patung dewa dan dewi yang terbuat dari emas padat dan bertatahkan berlian, rubi, zamrud, mahkota, dan kalung. Diperkirakan harta karun itu adalah hadiah dari negara lain untuk kuil tersebut selama berabad-abad.
 
Seluruh penemuan itu diperkirakan mencapai nilai sekitar US$ 22 miliar. Candi ini terletak di Trivandrum, ibu kota negara bagian Kerala di India selatan. Penemuan ini telah langsung membuat Candi Sree Padmanabhaswamy yang dibuat abad ke-16, menjadi salah satu lembaga keagamaan terkaya di India. 
 
Sejak penemuan harta karun, polisi disiagakan untuk menjaga lokasi candi. Berbagai peralatan teknologi tinggi seperti sistem keamanan termasuk kamera CCTV, detektor logam, dan jaringan elektronik digital pun akan diturunkan untuk membantu penjagaan. 
 
K. Padmakumar, kepala polisi Trivandrum, mengatakan keamanan ketat di candi itu dilakukan tanpa mengganggu umat yang tengah beribadah. "Kemanan harta karun yang tidak ternilai ini harus dijaga dengan ketat. Tapi kami juga tidak ingin mengganggu kenyamanan umat yang tengah beribadah," katanya. 
 
Sejak beberapa abad lalu, kuil di India memang sering menerima sumbangan berharga dari pemujanya, serta menggunakannya untuk menjalankan rumah sakit, sekolah dan perguruan tinggi. Saat ini, penemuan harta karun itu menjadi perdebatan sengit karena pemimpin masyarakat Hindu ingin menggunakannya untuk diinvestasikan bagi kepentingan agama. Sementara itu, beberapa intelektual menyarankan penemuan itu harus digunakan untuk kepentingan publik.(Xinhua/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.