Sukses

Kapal Pembebasan Gaza Dihalangi di Yunani

Kanada menangkap kapal pembebasan Gaza Flotilla 2 serta memaksanya untuk kembali ke pelabuhan.

Liputan6.com, Athena: Sebelum sampai ke tempat tujuan, perjalanan kapal pembebasan Gaza Flotilla 2 sudah dihalang-halangi berbagai pihak. Salah satunya, Pemerintahan Yunani. Seperti dilansir dari Daily Guardian, Senin (4/7), penjaga Pantai Yunani mencegah keberangkatan kapal pembebasan tersebut, serta memaksanya untuk kembali ke pelabuhan.

"Kami telah meninggalkan pelabuhan dengan kecepatan penuh. Tapi penjaga pantai yang berada di belakang kita mencegah kita pergi lebih jauh lagi," ungkap Dylan Penner, salah seorang aktivis yang berada di kapal tersebut.

Pemerintah Yunani melarang keberangkatan kapal berbendera Kanada tersebut tanpa alasan yang jelas. Hal itu membuat geram para aktivis internasional. Mereka menyebut tindakan tersebut sudah jelas sebagai bagian dari kekejaman Israel yang telah meluas hingga ke negara filsuf itu.

Sebelumnya, kejadian serupa juga pernah dialami kapal pembebasan Gaza berbendera Amerika Serikat. Kapal The Audacity of Hope ditangkap serta dipaksa untuk kembali ke negara asalnya pekan lalu.

PM Israel Benyamin Netanyahu justru mengucapkan terima lkasih atas perbuatan heroik Yunani. Ia meengatakan, Yunani telah membantunya menghalangi tindakan provokasi anti-Israel yang dilakukan para aktivis dengan Flotilla 2. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini