Sukses

Gunung Berapi Jepang Kembali Meletus

Gunung berapi Shinmoe yang terletak di barat daya Jepang kembali meletus pada Rabu pagi waktu setempat, dan memuntahkan awan abu sejauh satu kilometer ke udara. Demikian yang dilaporkan situs NHK, Kamis (30/6).

Liputan6.com, Tokyo: Gunung berapi Shinmoe yang terletak di barat daya Jepang kembali meletus pada Rabu pagi waktu setempat, dan memuntahkan awan abu sejauh satu kilometer ke udara. Demikian yang dilaporkan situs NHK, Kamis (30/6).

Ini pertama kalinya terjadi dalam waktu lebih dari dua bulan dengan kepulan awan abu gunung api itu yang meningkat menjadi lebih dari 1.000 meter. Pada 18 April lalu, awan abu dilaporkan naik menjadi 2.000 meter. Gunung tersebut sudah memperlihatkan tanda-tanda akan meletus sejak Januari lalu.

Menurut Badan Observatorium Cuaca di Prefektur Kagoshima, awan abu itu akan bergerak ke utara gunung. Pihaknya juga menyarankan warga untuk tetap waspada terhadap letusan yang berupa batu dan abu. Gunung Shinmoe terletak di Kirishima dan membatasi Prefektur Kagoshima dengan Miyazaki. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini