Sukses

Cina Bebaskan Aktivis HAM

Cina membebaskan tokoh hak asasi manusia, Hu Jia, setelah ia menyelesaikan masa hukuman lebih dari tiga tahun karena subversi.

Liputan6.com, Beijing: China membebaskan tokoh hak asasi manusia, Hu Jia, setelah ia menyelesaikan masa hukuman lebih dari tiga tahun karena subversi. Demikian disampaikan istri Hu Jia di jejaring sosial Twitter, Ahad (26/6).

"Hu Jia tiba di rumah pukul 02.30 saat saya tidak bisa tidur. Tenang, sangat gembira. Ia perlu istirahat sebentar. Terima kasih atas bantuan Anda semua," kata Zeng Jinyan, yang juga seorang aktivis, di laman Twitternya.

Hu dipenjarakan April 2008, hanya beberapa bulan sebelum Olimpiade Beijing, setelah membuat marah Partai Komunis karena beberapa tahun melakukan kampanye advokasi hak-hak sipil, lingkungan, dan para penderita AIDS.

Hu adalah tokoh oposisi terkenal kedua yang dibebaskan dalam beberapa hari ini. Sebelumnya, artis Ai Weiwei pulang ke rumahnya di Beijing setelah hampir tiga bulan ditahan polisi.

Namun, Hu diperkirakan akan menghadapi larangan ketat yang sama diberlakukan terhadap Ai dan sejumlah aktivis lain. Misalnya, "Ia tidak akan berbicara pada media," kata Zeng di akun Twitter-nya, pekan lalu. (ANT/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini