Sukses

Satu Lagi Tewas Akibat E.coli

Tewasnya seorang pria asal Arizona, Amerika Serikat, diduga terkait serangan bakteri E.coli yang kini tengah marak di Jerman.

Liputan6.com Atlanta: Tewasnya seorang pria asal Arizona, Amerika Serikat, diduga terkait serangan bakteri E.coli yang kini tengah marak di Jerman. Dugaan tersebut diperkuat dengan bukti perjalanan pria tersebut yang mengunjungi Jerman beberapa saat sebelum kematiannya.
 
Pria ini meninggal pada pertengahan Juni akibat gagal ginjal yang merupakan salah satu komplikasi serius dari serangan bakteri E.coli. Jika memang benar, kasus ini akan menjadi kasus kematian pertama di AS terkait dengan wabah E.coli di Jerman dan kasus keenam akibat bakteri ganas tersebut.
 
"Rekor perjalanan terakhirnya ke Jerman menguatkan dugaan kami. Ditambah dengan komplikasi ginjal yang ada dalam laporan kematiannya," kata ahli Epidemilogi Departemen Pelayanan Kesehatan Arizona, Catherine Foley.
 
Data baru yang diterbitkan pihak berwenang Jerman menunjukkan bukti kuat bahwa sayur tauge produksi lokal, seperti diduga merupakan sumber wabah bakteri E.coli. "Memang tauge," kata Reinhard Burger, kepala pusat pengendalian penyakit Jerman. Para pejabat kesehatan Jerman sebelumnya menuding bakteri E.coli itu, yang sejauh ini sudah menewaskan 29 orang, dibawa oleh ketimun impor dari Spanyol, bukan tauge. 
 
Burger, yang mengepalai Institut Robert Koch, mengatakan kepada wartawan Jumat (10/6) waktu setempat, bahwa walau tidak ada satu pun hasil tes sampel tauge yang diambil dari sebuah perkebunan tauge di daerah Lower Saxony yang positif, penyelidikan epidemiologi terhadap pola wabah itu menunjukkan bukti cukup untuk menyimpulkannya [Baca: Tauge Jerman Memang Penyebar E.coli].(AP/ADO)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.