Sukses

Warga AS Cari Mayat Osama

Seorang juru selam asal Amerika Serikat mengatakan dia akan menyisir bagian utara Laut Arabia untuk mencari mayat Osama bin Laden.

Liputan6.com, California: Seorang juru selam asal Amerika Serikat mengatakan dia akan menyisir bagian utara Laut Arabia untuk mencari mayat Osama bin Laden. Bill Warren mengatakan dia ingin memastikan untuk semua orang kebenaran pemimpin Alqaida itu dibunuh oleh tim pasukan khusus AS bulan Mei, dan kemudian dikubur di laut.

Warren, 59 tahun, mengatakan pencarian yang dia rencanakan akan mulai dilakukan sekitar empat pekan ke depan. Menurut dia, pencarian akan memakan biaya US$ 400 ribu. Warren mengakui upaya yang dia akan tempuh seperti mencari jarum di tumpukan jerami, tapi menurut dia itu tidak berarti mustahil.

Warren, yang sehari-hari mengelola perusahaan penyelamatan isi kapal di California, AS, dan sudah pernah menangani 200 bangkai kapal, mengatakan bahwa dia menyimpan beberapa keraguan mengenai apakah Osama bin Laden tewas. Sebab, pemerintah Amerika Serikat tidak menunjukkan foto mayatnya. Jasad Osama bin Laden dikatakan dilepas dari USS Carl Vinson

Sekiranya misinya berhasil menemukan jasad bin Laden, demikian kata Warren, dia akan memfoto dan merekam video mayatnya, dan juga mengambil sampel rambutnya, dari kepala atau jenggotnya, untuk keperluan verifikasi. Warren mengakui peluang keberhasilan menemukan mayat Osama di laut kecil, tapi peralatan modern mungkin bisa memindai hamparan dasar laut.

Warren mengatakan pencarian akan dimulai di perairan dangkal Pakistan. Jika itu terbukti tidak mendatangkan hasil, maka dia akan beralih ke pencarian perairan dalam. Dia mengatakan mengharapkan informasi mengenai ancar-ancar lokasi posisi kapal induk AS Carl Vinson ketika jasad Osama bin Laden dilempar dari geladak kapal ke laut.(ADO/BBC Indonesia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini