Sukses

Gedung Pemerintah Irak Diserang, Delapan Tewas

Sekelompok orang bersenjata meledakkan sebuah bom mobil dan melepaskan tembakan di sebuah gedung pemerintah provinsi di Irak bagian tengah.

Liputan6.com, Baghdad: Sekelompok orang bersenjata meledakkan sebuah bom mobil dan melepaskan tembakan di sebuah gedung pemerintah provinsi di Irak bagian tengah, pada Selasa kemarin. Delapan orang, termasuk empat dari orang bersenjata tewas. Sebanyak 27 lainnya menderita luka-luka.

Seperti dilansir NHK, Rabu (15/6), dua bom mobil meledak di dekat pintu masuk ke gedung pemerintah provinsi di Kota Baquba. Sedikitnya lima orang tak dikenal memasuki gedung dan menembak dengan senapan mesin. Pejabat setempat mengatakan orang-orang bersenjata itu awalnya bersembunyi di gedung tersebut, lalu mengambil sandera dan terjadi baku tembak dengan pasukan keamanan.

Pertemuan Dewan Provinsi memang dijadwalkan pada Selasa pagi. Aparat keamanan menduga kelompok tersebut berafiliasi dengan Al Qaeda yang berada di balik serangan. Mereka sedangmenyelidiki orang, termasuk di antaranya yang berhasil ditahan.

Irak dilaporkan kerap menjadi target serangkaian serangan teroris, termasuk serangan bom yang mematikan di sebuah kantor polisi di selatan Irak, Senin lalu. Serangan terbaru ini memunculkan pertanyaan tentang kemampuan administrasi Perdana Menteri Nuri al-Maliki untuk menjaga keamanan.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.