Sukses

Pemimpin Al-Qaidah Afrika Tewas

Polisi Somalia melaporkan tewasnya pemimpin jaringan teroris Al-Qaidah yang paling dicari di Afrika, Fazul Abdullah Mohammed. Sang pemimpin tewas di Mogadishu, Afrika Timur, pada awal pekan ini.

Liputan6.com, Mogadishu: Polisi Somalia melaporkan tewasnya pemimpin jaringan teroris Al-Qaidah yang paling dicari di Afrika, Fazul Abdullah Mohammed. Sang pemimpin tewas di Mogadishu, Afrika Timur, pada awal pekan ini.

"Kami memastikan ia telah tewas dalam serangan yang dilakukan oleh pasukan polisi kami di sebuah pos pemeriksaan pekan ini. Dia menggunakan paspor palsu dan dokumen-dokumen lainnya. Setelah proses penyelidikan, kami memastikan itu adalah dia. Kami juga telah mengubur jenazahnya," kata Halima Aden, pejabat senior Kepolisian Afrika Timur, Sabtu (11/6).

Gedung Putih menyatakan tewasnya Fazul Abdullah merupakan kemenangan besar dalam usaha pemberantasan terorisme secara global. Kematian Fazul Abdullah diharapkan dapat menghentikan operasi kelompok teroris paling berpengalaman di Afrika timur itu dan menghambat rencana operasi mereka.

Fazul Abdullah adalah pemimpin utama Al-Qaidah di Afrika Timur yang bekerja di Somalia. Ia diduga menjadi dalang di balik kasus pengeboman kedutaan Amerika Serikat di Kenya dan Tanzania pada 1998. Fazul Abdullah juga merupakan salah seorang teroris paling dicari oleh Biro Penyelidik FederaI Amerika Serikat (FBI) yang kepalanya dihargai US$ 5 juta (Rp 42,5 miliar) karena bertanggung jawab dalam rencana serangan yang menewaskan 224 orang, termasuk 12 warga Amerika.(ANS/Reuters)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini