Sukses

Ban Ki-moon Kembali Mencalonkan Diri

Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon dalam konferensi pers mengatakan akan mengumumkan pencalonannya sebagai Sekjen badan dunia itu untuk masa jabatan lima tahun ke depan.

Liputan6.com, New York: Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon dalam konferensi pers mengatakan akan mengumumkan pencalonannya sebagai Sekjen badan dunia itu untuk masa jabatan lima tahun ke depan. Hingga kini belum ada bakal calon lain yang mengumumkan diri untuk bersaing dengan mantan Menteri Luar Negeri Korea Selatan berusia 66 tahun itu.

Pemungutan suara akhir akan diadakan di Majelis Umum PBB sebelum akhir bulan ini. Ban sendiri telah mengunjungi ibu kota anggota permanen Dewan Keamanan, yaitu Inggris, Cina, Prancis, Rusia, dan Amerika Serikat. "Dalam hal ini 100 persen yakin bahwa dia akan mendapatkan penugasan lagi," kata seorang utusan senior, belum lama ini.

Meski ada kritik tentang keengganan Ban untuk menangani hak asasi manusia di negara-negara seperti Cina, negara-negara Barat memuji Ban bersikap tegas dalam beberapa bulan terakhir mendukung pemberontakan musim semi Arab. Ban akan bertemu dengan kelompok negara-negara Asia di PBB pada Senin sebelum mengadakan konferensi pers.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.