Sukses

Iran: NATO Penyebab Ketidakstabilan di Afghanistan

Kondisi keamanan di Afghanistan pascapenarikan tentara koalisi, menurut Iran terjadi akibat campur tangan NATO di Afghanistan.

Liputan6.com, Teheran: Kondisi keamanan di Afghanistan pascapenarikan tentara koalisi, menurut Iran terjadi akibat campur tangan pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO di negeri tersebut. Pemerintah Teheran berkomentar karena menganggap negaranya memiliki hubungan historis cukup dekat dengan Negeri Mullah.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran Mohammad-Ali Fathollahi mengatakan, Kamis (2/6), pasukan asing merongrong stabilitas dan keamanan Afghanistan. "Iran selalu mendukung pengalihan tanggung jawab keamanan kepada pemerintah Afghanistan," kata Fathollahi.

"Namun, penandatanganan kesepakatan keamanan strategis antara Amerika Serikat dan pemerintah Afghanistan menjadi tantangan keamanan di kawasan dan hambatan jalan damai di Afghanistan. Terutama, adanya peningkatan korban sipil," imbuhnya. Ia juga menyatakan keprihatinan atas meningkatnya kekerasan terhadap korban sipil di Afghanistan.(ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini