Sukses

Pengacara Prancis Gugat Sarkozy Atas Serangan NATO

Mantan Menlu Prancis yang juga berprofesi sebagai pengacara Rolan Dumas dan rekannya Jacques Verges berencana mengajukan tuntutan terhadap Presiden Nicolas Sarkozy. Sarkozy dituntut atas kejahatan melanggar hak asasi manusia di Libia.

Liputan6.com, Paris: Mantan Menteri Luar Negeri Prancis yang juga berprofesi sebagai pengacara Rolan Dumas dan rekannya Jacques Verges berencana mengajukan tuntutan terhadap Presiden Nicolas Sarkozy. Sarkozy dituntut atas kejahatan melanggar hak asasi manusia di Libia.

Seperti dilansir Trend, Senin (30/5), Dumas dan Verges mengaku siap membela Muammar Khadafi jika pemimpin Libia itu dibawa ke Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) di Den Haag, Belanda. Menurut Dumas, misi pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO dimaksudkan melindungi warga sipil, tapi kenyataannya malah membunuh banyak warga. Hal itulah yang dijadikannya sebagai alasan kuat mengajukan tuntutan.

"Ini brutal, agresi brutal terhadap sebuah negara berdaulat. Saat ini kami telah memiliki mandat atas nama korban pengeboman militer NATO yang melancarkan aksi militer terhadap warga sipil," ucap Dumas.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.