Sukses

Sebelas Tahun Lagi Jerman Tutup PLTN

Jerman memiliki 17 reaktor nuklir yang tersebar di beberapa titik. Sembilan di antaranya yang saat ini masih beroperasi akan dinonaktifkan secara bertahap selama beberapa dekade mendatang.

Liputan6.com, Berlin: Pemerintah Jerman berencana menutup semua pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di negaranya pada 2022 mendatang. Demikian disampaikan Menteri Lingkungan Hidup Norbert Roettgen di Berlin, Jerman, Senin (30/5).

Jerman memiliki 17 reaktor nuklir yang tersebar di beberapa titik. Sembilan di antaranya yang saat ini masih beroperasi akan dinonaktifkan secara bertahap selama beberapa dekade mendatang. Rencana tersebut mendapat dukungan penuh dari Kanselir Jerman Angela Markel.

Markel sebelumnya menolak mentah-mentah rencana itu. Markel khawatir jika rencana penutupan PLTN diberlakukan, maka negerinya akan dilanda krisis listrik. Setelah mendapatkan penjelasan dari tim perencana, Markel akhirnya menyetujui rencana itu.

Protes publik yang mencontohkan krisis nuklir yang tengah melanda Jepang pun membimbing Kanselir Jerman meninjau kembali mengenai kebijakan energinya.

Pada akhir pekan silam, sekitar 160 ribu warga Jerman turun ke jalan menuntut penutupan segera sebanyak 17 pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di negaranya. Aksi massa yang tergabung dalam gerakan antinuklir ini antara lain digelar di Berlin, Munich, serta Hamburg [baca: Warga Jerman Minta Semua PLTN Ditutup].(ANS/NHK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini