Sukses

Obama Sebut Tornado Missouri Tragedi Nasional

Presiden AS Barrack Obama mengunjungi Joplin, Missouri, pada Ahad, untuk menghadiri upacara peringatan satu pekan bencana tornado yang menghantam kota itu.

Liputan6.com, Missouri: Presiden AS Barrack Obama mengunjungi Joplin, Missouri, pada Ahad, untuk menghadiri upacara peringatan satu pekan bencana tornado yang menghantam kota itu.

Demikian yang dilaporkan situs Xinhua, Senin (30/5).

Bencana yang telah menyebabkan sejumlah orang tewas di Joplin, Missouri, merupakan "tragedi nasional. Ia menyatakan belasungkawa dan dorongan semangat kepada para korban tornado dalam sebuah pidato selama upacara peringatan, setelah berkeliling di sekitar daerah yang dilanda badai sejauh 6 mil dan bertatap langsung dengan para korban.

"Ini bukan hanya tragedi lokal, tetapi ini juga tragedi nasional, dan itu berarti akan ada respon secara nasional," kata Obama.

Obama memuji solidaritas rakyat Joplin saat tornado yang muncul saat tornado, serta relawan-relawan yang terlibat dalam upaya heroik bagi rakyat Joplin. Ia berjanji, "negara akan siap membantu seluruh korban."

Menurut laporan CNN, Obama juga terbang di atas wilayah kota paling parah terkena tornado dan melihat dari atas sebelum mendarat di Joplin. Obama mengatakan, ini akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membangun kembali dan mendesak warga AS untuk ikut menyumbangkan ke Palang Merah, dalam upaya membantu korban yang telah kehilangan rumah.(JAY/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini