Sukses

Topan Songda Hantam Pulau Amami Oshima

Topan Songda dilaporkan telah menyapu Pulau Amami Oshima yang berada di selatan Jepang. Topan dahsyat kemudian bergerak ke timur laut.

Liputan6.com, Tokyo: Topan Songda dilaporkan telah menyapu Pulau Amami Oshima yang berada di selatan Jepang. Menurut Badan Meteorologi Jepang (BMJ), topan tersebut datang pada Ahad (29/5) pukul 02.00 waktu setempat. Topan itu terletak 60 kilometer sebelah barat dari Pulau Amami Oshima dan bergerak ke timur laut dengan kecepatan 50 kilometer per jam.

Topan Songda memiliki tekanan atmosfer 950 hectopascals dan pengepakan angin hingga 144 kilometer per jam di dekat pusatnya. Kekuatan angin yang mencapai lebih dari 90 kilometer per jam menerpa kawasan tersebut yang berjarak 150 kilometer di selatan dan 110 kilometer sebelah utara dari pusat.

Kecepatan angin sebesar 199 kilometer per jam juga tercatat di Naha, Prefektur Okinawa pada Sabtu malam dan lebih dari 155 kilometer per jam di Pulau Okinoerabu, Kagoshima pada Ahad pagi. Pejabat BMJ juga sudah mengeluarkan peringatan untuk angin kencang dan gelombang tinggi, yang disertai dengan tanah longsor dan banjir.(ANS/NHK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini