Sukses

Situasi Afghanistan Kian Memprihatinkan

Setelah mengkritik serangan NATO ke Libia, Rusia kini angkat bicara mengenai situasi di Afghanistan yang semakin memprihatinkan.

Liputan6.com, Moskow: Setelah mengkritik serangan NATO ke Libia, Rusia kini angkat bicara mengenai situasi di Afghanistan yang memprihatinkan. Xinhua mewartakan, Kamis (26/5), situasi di Afghanistan semakin kacau akibat penarikan tentara koalisi dari negara itu.

"Awal pengalihan kontrol dari pasukan NATO kepada pihak berwenang Afghanistan justru meningkatkan ketegangan. Kini, situasi semakin buruk," kata Zamir Kabulov, utusan khusus presiden Rusia Dmitry Medvedev untuk Afghanistan. Ia menambahkan, "Pasukan Afghanistan belum siap untuk bertanggung jawab atas keamanan negara."

Rusia beranggapan jika keamanan Afghanistan bisa ditempuh dengan adanya tiga prakondisi yang ditentukan dalam resolusi Dewan Keamanan PBB yaitu Taliban dan kekuatan oposisi bersenjata harus mengenali konstitusi Afghanistan. Hal itu juga bisa menghentikan hubungan dengan Al-Qaeda.

"Kami tidak keberatan pemerintah Afghanistan untuk berunding dengan Taliban. Tapi sampai sekarang saya tidak menemukan Taliban telah memenuhi semua persyaratan," ungkapnya. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.