Sukses

G8 Dukung Demokratisasi di Timur Tengah

Agenda utama KTT G8 tahun ini adalah ekonomi global dan gerakan perlawanan rakyat di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Liputan6.com, Paris: Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara maju yang tergabung di G8 dibuka di kawasan wisata Deauville, Prancis, Kamis (26/5). Presiden Komisi Eropa Herman Van Rompuy mengatakan agenda utama KTT tahun ini adalah ekonomi global dan gerakan perlawanan rakyat di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Ia mengatakan G8 akan mendukung aspirasi demokrasi dan ekonomi 400 juta rakyat di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Para kepala negara G8 antara lain juga akan membahas cara-cara mengakhiri konflik di Libia yang sepertinya menemui jalan buntu. Selain itu G8 akan membicarakan tanggapan atas revolusi yang berlangsung di Mesir dan Tunisia.

Gerakan rakyat di Timur Tengah dan krisis nuklir di Jepang membuat KTT tahun ini menjadi lebih penting. Pertemuan tahunan ini dihadiri oleh Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Rusia, dan beberapa negara Eropa terkemuka. Presiden Amerika Serikat Barack Obama sendiri terbang ke Prancis setelah mengadakan kunjungan resmi di Inggris.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.