Sukses

Jagal dari Serbia Itu Akhirnya Tertangkap

Presiden Serbia, Boris Tadic, memastikan penangkapan buron penjahat perang Bosnia, Jenderal Ratko Mladic. Dia bahkan telah menjalani tes identitas setelah ditangkap di Serbia.

Liputan6.com, Serbia: Presiden Serbia, Boris Tadic, memastikan penangkapan buron penjahat perang Bosnia, Jenderal Ratko Mladic. Dia bahkan telah menjalani tes identitas setelah ditangkap di Serbia, Kamis (26/5) pagi. Jenderal Mladic adalah tokoh paling terkenal yang diduga melakukan kejahatan perang yang masih bebas, sejak ditangkapnya pimpinan Serbia Bosnia Radovan Karadzic pada 2008.

Mladic, mantan pemimpin militer Serbia-Bosnia, dicari Mahkamah Kejahatan Perang Den Haag dengan dakwaan genosida dan kejahatan perang. Pejabat departemen dalam negeri memastikan kepada kantor berita Reuters bahwa seseorang telah ditangkap. "Penampilan fisiknya mirip Mladic, kami sedang memeriksa DNA," kata pejabat yang tidak mau disebutkan namanya sebagaimana dikutip BBC Indonesia.

Pria tersebut ditangkap di Serbia lewat informasi gelap. Laporan radio B92 menyebutkan pria tersebut menggunakan nama Milorad Komadic. Mladic dihukum mahkamah PBB karena dianggap bertanggung jawab atas pembunuhan paling tidak 7.500 pria dewasa dan anak laki-laki Islam di kota Srebrenica pada 1995.

Dia sempat hidup bebas di Beograd untuk sementara waktu, tetapi kemudian menghilang ketika mantan Presiden Yugoslavia Slobodan Milosevic ditangkap pada 2001. Muncul spekulasi Mladic akan segera ditemukan setelah Karadzic ditangkap di Beograd bulan Juli 2008. Presiden Tadic juga mengatakan bahwa penyerahan Mladic kepada Mahkamah Kejahatan Internasional sedang dalam proses.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.