Sukses

Bahas Nuklir, WHO Gelar Pertemuan Tahunan

WHO menyerukan dukungan internasional bagi Jepang setelah gempa bumi disertai tsunami 11 Maret silam yang berujung krisis nuklir di Kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi.

Liputan6.com, Wina: Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Margaret Chan memimpin pertemuan tahunan untuk membahas nuklir Jepang pada Senin (16/5) kemarin. Ia juga menyerukan dukungan internasional bagi Jepang setelah gempa bumi disertai tsunami 11 Maret silam yang berujung krisis nuklir di Kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi.

Seperti dilansir laman NHK, Selasa (17/5), Margaret Chan memberikan pidato pembukaan pada pertemuan tahunan yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss. Ia kemudian memimpin pertemuan yang dihadiri delegasi dari 193 negara anggota.

Dalam sesi khusus, seorang pejabat kesehatan Jepang juga turut berpidato dan menginformasikan kepada para delegasi mengenai kebijakan yang diambil pemerintahnya. Terutama, upaya menjaga kesehatan warga sekitar Kompleks PLTN Fukushima. Selain itu, ia juga menjelaskan langkah-langkah untuk menjamin keamanan pada makanan dan air minum.

Isu-isu lain yang menjadi agenda pembahasan sidang umum itu adalah negara-negara anggota harus bekerja sama dalam menanggapi sebuah kemungkinan penyebaran penyakit influenza jenis baru yang berbahaya. Adapun pertemuan ini dijadwalkan akan berakhir pada Selasa pekan depan.(JAY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.