Sukses

Menyumbang untuk Taliban, Tiga Pria Ditahan

eorang imam masjid asal Miami beserta dua anaknya ditahan atas tuduhan telah memberikan bantuan sebesar 50 ribu dolar AS kepada kelompok Taliban.

Liputan6.com, Miami: Seorang imam masjid di Miami dan dua anaknya ditahan atas tuduhan telah memberikan bantuan 50 ribu dolar AS kepada kelompok Taliban. Di waktu yang sama, tiga orang lain di Pakistan telah didakwa atas tuduhan menangani penyaluran dana tersebut. Demikian dilaporkan pihak berwenang, Ahad (15/5).

Pria tersebut bernama Hafiz Muhammed Sher Ali Khan. Bersama anaknya yang juga seorang imam, Izhar Khan, Khan ditangkap di Masjid Miami, tempat ia biasa memimpin salat berjamaah. Sedangkan anak keduanya, Irfan Khan, ditangkap di sebuah hotel di Los Angeles, Amerika Serikat.

Jaksa Wifredo Ferrer mengatakan terkuaknya penyaluran dana itu dipicu hasil penyelidikan yang telah dilakukan sejak tiga tahun silam. "Hal ini didasarkan pada kata-kata, tindakan, juga rekor terdakwa," kata Ferrer.

Menurut dakwaan itu, dana 50 ribu dolar itu digunakan untuk membeli senjata dan menghidupi para militan. Dalam dakwaan tersebut juga tercatat tuduhan bahwa Khan memiliki atau sekolah agama di barat laut Pakistan yang menjadi tempat penampungan dan pusat pelatihan anak-anak yang dipersiapkan untuk menjadi anggota militan.

Jika terbukti bersalah, Khan dan kedua anaknya terancam hukuman penjara 15 tahun untuk masing-masing dari empat tuduhan yang tercantum dalam dakwaan.

"Saya benar-benar terkejut seperti anggota komunitas kami lainnya. Beliau adalah seorang yang sangat tenang dan saleh. Kami tidak akan pernah mendukung terorisme. Saya rasa adalah hal yang penting untuk mendapatkan semua fakta sebelum membuat pernyataan maupun keputusan," kata pimpinan American-Islamic Relations, Nezar Hamze.(AP/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.