Sukses

Ahmadinejad Pecat Tiga Menterinya

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad memecat menteri perminyakan dan dua menteri lainnya, Sabtu (14/5). Beberapa pejabat sempat menyinggung tentang adanya rencana penggabungan departemen.

Liputan6.com, Teheran: Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad memecat menteri perminyakan dan dua menteri lainnya, Sabtu (14/5).

"Menteri-menteri perminyakan, kesejahteraan sosial, dan perindustrian dan pertambangan dibebastugaskan oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad dalam usaha untuk merampingkan menteri pemerintah dari 21 menjadi 17," demikian ditulis kantor berita pemerintah Iran, ISNA.

Perombakan kabinet di negara pengekspor terbesar kelima minyak dunia itu telah diduga sebelumnya. Beberapa pejabat awal bulan ini mengatakan kementerian-kementerian perminyakan dan energi dan perburuhan dan kesejahteraan sosial akan digabungkan.

Tidak ada pengumuman tentang siapa yang akan mengambil alih portofolio-portofolio baru yang dibentuk itu. Parlemen harus menyetujui pembentukan setiap kementerian baru.

Memperoleh persetujuan parlemen yang ketuanya dijabat Ali Larijani yang secara terbuka mengecam kebijakan-kebijakan dalam negeri dan ekonomi Ahmadinejad, tidaklah mudah.

Pemimpin tertinggi yang memiliki kekuasaan penting Ayatollah Ali Khamenei memiliki wewenang atas kementerian-kementerian penting termasuk perminyakan, luar negeri, intelijen, dan dalam negeri. (ANT/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini