Sukses

Penyanyi Pop Jadi Presiden Haiti

Bintang pop Haiti Michel Martelly akan segera dilantik sebagai presiden negara paling miskin di benua Amerika itu.

Liputan6.com, Port-au-Prince: Bintang pop Haiti Michel Martelly akan segera dilantik sebagai presiden negara paling miskin di benua Amerika itu. Politisi baru ini dipilih sebagai presiden bulan Maret lalu dalam pemilihan presiden tahap kedua karena tahap pertama dibayangi kecurangan. Martelly, yang oleh rakyat Haiti dijuluki Sweet Micky, akan dilantik di depan Istana Nasional Haiti yang rusak berat.

Martelly, 50 tahun, telah berjanji akan mempercepat pembangunan kembali pasca gempa bumi, membangun kawasan pedesaan yang miskin dan memodernisasi militer. Dalam langkah yang dianggap sebagai upaya rekonsiliasi di negara yang terpecah karena politik ini, dia mengundang mantan Presiden Jean-Bertrand Aristide dan bekas diktator Jean-Claude "Baby Doc" Duvalier. Belum jelas apakah Duvalier akan hadir.

Menurut BBC Indonesia, mantan Presiden AS Bill Clinton diperkirakan akan datang. Clinton menjabat Ketua Komisi Rekonstruksi Haiti, yang mengendalikan dana bantuan senilai miliaran dolar untuk membangun memperbaiki kerusakan besar akibat gempa.

Selain mendapat tantangan dalam pembangunan kembali ibu kota Port-au-Prince yang hancur akibat gempa, Haiti juga menghadapi epidemi kolera, kehancuran ekonomi, dan luka akibat masa lalu yang penuh kekerasan.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.