Sukses

Polisi Antiteror Turki Tahan 34 Orang

Polisi antiteror telah menahan 34 orang dalam serangan fajar di Istanbul. Serangan ini ditujukan pada kelompok-kelompok yang diduga memiliki hubungan dengan sebuah gerakan militan sayap kiri.

Liputan6.com, Istanbul: Polisi antiteror Turki belum lama ini menahan 34 orang yang diduga memiliki hubungan dengan sebuah gerakan militan sayap kiri. Seperti dilaporkan kantor berita Turki, serangan itu diperintahkan sebulan sebelum masyarakat Turki memilih dalam pemilihan anggota dewan.

Menurut Kantor Berita Dogan dan Kantor Berita Anatolia milik negara, di antara mereka yang ditahan adalah tiga musisi yang semuanya merupakan anggota kelompok protes rakyat, Kelompok Yorum. Polisi telah melancarkan tiga serangan hampir bersamaan di lokasi yang digunakan kelompok Yorum, yakni kantor Organisasi Kebebasan dan Hak Asasi Manusia Okmeydani dan Pusat Kebudayaan Idil.

Beberapa bulan terakhir, Kepolisian Turki menangkap sejumlah wartawan karena dicurigai memiliki hubungan dengan Ergenekon, yakni jaringan yang ditengarai sebagai kelompok sekuler militan. Hal ini menimbulkan kekhawatiran mengenai kebebasan pers di Turki. Ratusan orang telah ditahan tanpa diadili berkaitan dengan meluasnya penyelidikan Ergenekon yang dimulai pada 2007.

Awalnya terdapat dukungan pada penyelidikan itu dari warga Turki. Namun dukungan itu menurun ketika muncul keraguan, terutama para penuntut dituding telah menggunakan kekuasaan mereka untuk membungkam kritik terhadap Partai Pembangunan (Partai AK).(TOW/ANS/Ant)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini