Sukses

Mesir Tangkap 23 Pelaku Dalang Bentrokan

Pasukan keamanan Mesir menangkap 23 orang yang diduga pelaku sekaligus dalang bentrokan mematikan antara kelompok Muslim dan Kristen Koptik pada Sabtu malam lalu.

Liputan6.com, Kairo: Pasukan keamanan Mesir menangkap 23 orang yang diduga pelaku sekaligus dalang bentrokan mematikan antara kelompok Muslim dan Kristen Koptik pada Sabtu malam lalu. Demikian yang dilaporkan kantor berita resmi Mesir, MENA, Senin (9/5).

Salah satu pelaku bernama Yassen Thabit (31). Dia merupakan sopir taksi dan suami dari seorang gadis Koptik yang diduga sudah masuk Islam. Thabit telah ditahan untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Pada Ahad lalu, pihak militer mengatakan sebanyak 190 orang telah ditahan atas insiden tersebut. Sedikitnya 12 tewas dan 232 lainnya terluka dalam bentrokan di luar Gereja Ortodoks Koptik Santo Mena di Imbaba, Giza Governorat. Penyebab bentrokan diduga karena kelompok Muslim yang marah tengah menuju ke gereja di mana ada seorang gadis Koptik yang hendak dinikahkan dengan seorang pria Muslim.

Kelompok Koptik pun melanjutkan aksi di kantor televisi pemerintah di Kairo pada Senin kemarin. Populasi minoritas Koptik berjumlah sekitar 10 persen dari total penduduk Mesir. Koptik dan Muslim di Mesir umumnya hidup dalam damai, tetapi kekerasan sporadis  kerap terjadi akibat pembangunan gereja-gereja atau hubungan asmara antara kedua kelompok berbeda keyakinan itu.(JAY/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.