Sukses

Bentrok di Kairo, 12 Tewas dan 232 Terluka

Setidaknya 12 orang tewas dan lebih dari 232 orang lainnya terluka akibat bentrok antara kelompok Kristen Koptik dan Muslim di Kairo, Mesir.

Liputan6.com, Kairo: Setidaknya 12 orang tewas dan lebih dari 232 orang lainnya terluka akibat bentrok antara kelompok Kristen Koptik dan Muslim di Kairo, Mesir. Demikian dilansir Xinhua, Senin (9/5). Bentrokan ini juga mengakibatkan dua gereja di Kairo hangus terbakar oleh kelompok Muslim pada Ahad malam.

Sebelumnya, Perdana Menteri Mesir Essam Sharaf juga sudah menggelar sebuah pertemuan kabinet darurat setelah bentrokan sektarian di Kairo yang menyebabkan sembilan tewas pada Ahad kemarin. Ia juga memutuskan untuk menunda tugas perjalanannya menuju Bahrain dan Uni Emirat Arab.

Polisi dan tentara terpaksa mengeluarkan tembakan dan menggunakan gas air mata untuk melerai bentrokan. Sementara kedua kelompok mempunyai versi sendiri mengenai siapa yang memicu bentrokan berdarah tersebut. Hubungan antara warga Muslim dan warga pemeluk Kristen Koptik yang berjumlah 10 persen dari seluruh penduduk Mesir cenderung memburuk dalam beberapa tahun terakhir. (JAY/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.