Sukses

Ditemukan, Patung Raksasa Firaun

Para arkeolog menemukan patung raksasa Amenhotep III--salah seorang Firauh dalam Kerajaan Musir Kuno--di kuil persemayamannya di Kota Luxor, selatan Mesir.

Liputan6.com, Kairo: Para arkeolog menemukan patung raksasa Amenhotep III--salah seorang Firauh dalam Kerajaan Musir Kuno--di kuil persemayamannya di Kota Luxor, selatan Mesir. Demikian diungkapkan Dinas Purbakala ni negara, baru-baru ini.

Patung setinggi 13 meter itu terkubur dalam tujuh bagian di kuil persemayaman Amenhotep III di Kom Al Hitan. Patung itu merupakan salah satu dari dua patung yang ditempatkan di pintu masuk utara kuil dan kemungkinan hancur ketika gempa melanda Mesir pada tahun 27 SM.

"Tim arkeolog kini sedang bekerja untuk membersihkan, memulihkan, dan mengumpulkan tujuh bagian patung itu. Kepala patung itu juga sedang dicari," kata juru bicara Dinas Purbakala Mesir. "Kembaran patung tersebut akan segera ditemukan."

Amenhotep III memerintah Mesir antara 1390 hingga 1352 SM. Ia merupakan ayah dari Akhenaten, sang "Firaun sesat" yang dianggap sebagai pendorong ajaran monoteisme. Akhenaten memberlakukan aturan untuk penyembahan tunggal terhadap Dewa Aten.(Ant/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.