Sukses

Anak Bolos Sekolah, Orangtua Dibui

Sekitar selusin orangtua di Baltimore, Maryland, AS, telah dihukum karena tindakan bolos sekolah yang dilakukan anak-anak mereka.

Liputan6.com, Baltimore: Sekitar selusin orangtua di Baltimore, Maryland, AS, telah dihukum karena tindakan bolos sekolah yang dilakukan anak-anak mereka. Demikian dilaporkan Baltimore Sun.

Laman harian itu juga membuat profil seorang ibu bernama Barbara Gaskins, yang menghabiskan 10 hari di penjara setelah anaknya berusia 15 tahun bolos beberapa hari dari sekolahnya pada tahun ini. Gaskins selalu menurunkan anaknya itu di halte bus setiap pagi dan mengaku telah mengajarkan kepadanya pentingnya pendidikan. Ia menyatakan bingung mencari tempat penitipan anak yang tepat untuk keempat anaknya yang masih kecil sementara ia dipenjara.

Kriminalisasi kemalasan orang tua ini menjadi gerakan nasional populer belakangan ini. Hukum ketat anti-pembolosan California tersebut mulai diberlakukan pada awal tahun ini. Orangtua dapat dihukum hingga satu tahun penjara jika terbukti bersalah membiarkan anak-anak mereka membolos sekolah.

Florida dan Texas juga memiliki hukum serupa. Seorang jaksa di Michigan meminta peraturan baru untuk mengirim orang tua yang tidak menghadiri pertemuan orangtua-guru ke penjara selama tiga hari.

Namun, tidak ada orangtua yang dipenjara pada tahun lalu dan hanya tiga orangtua yang dipenjara di 2009. Ratusan dari mereka setiap tahun hadir untuk diadili dalam kasus bolos sekolah dan penjara baru bisa diterapkan setelah siswa bolos selama 15 hari. Bagi orangtua yang akan dihukum, pihak sekolah harus membuktikan bahwa mereka mengetahui sang anak tak bersekolah. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.